Senin, 13 Mei 2019

Permudah hafalkan Shortcut di Android Studio dengan Key promoter X





Menghafalkan shortcut pada IDE ataupun Text Editor bagi developer sangatlah bermanfaat. Developer bisa lebih cepat mengakses sebuah menu/fitur pada IDE hingga 4x jika dibandingkan dengan menggunakan mouse untuk klik menu di toolbar.

Contoh :

Untuk sekadar melipat sebuah method kita perlu 3 kali klik. padahal jika menggunakan shortcut cukup menekan CTRL dan “-”




melihat perbandingan ini, maka perlu bagi developer untuk sedikit demi sedikit menghafalkan shortcut yang ada.

Key promoter X adalah salah satu plugin yang bisa digunakan untuk membantu menghafalkan shortcut. Plugin ini mampu menyajikan data shortcut yang paling sering digunakan sehingga Kita bisa mulai menghafalkan shortcut yang paling banyak digunakan selama membuat sebuah aplikasi android di Android Studio.

Selain itu jika kita klik mouse untuk menjalankan suatu operasi di Android Studio padahal sudah tersedia shortcut untuk operasi tersebut maka akan muncul pop up. Pop up ini menampilkan jumlah klik yg kita lakukan dan juga mengingatkan kembali shortcut yang sudah tersedia.

Sebagai contoh: di Android Studio sudah tersedia SHIFT + F10 untuk perintah RUN. Jika kita masih saja gunakan klik tombol Run pada toolbar maka akan muncul pop up dari Key promoter X.








Plugin ini juga bisa digunakan untuk menentukan shortcut mana yang perlu kita prioritaskan untuk dihafalkan. Keypromoter X membantu urutkan shortcut dari yang paling sering digunakan sampai dengan shortcut yang jarang digunakan.





Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar