Senin, 14 September 2020

5 Shortcut andalan di Android Studio untuk Bug Tracking


Alt + 6 

Shortcut ini digunakan untuk buka tab logcat. Paling enak kalo ada monitor tambahan. Tab logcat bisa ditampilkan 1 layar penuh dan terpisah, so... kita gak perlu lagi pencet ALT + TAB berulang-ulang untuk berpindah window.



Ctrl + G 

Jika aplikasi teman-teman sudah dipasang Crashlytic maka dapat dengan mudah menemukan baris kode yang menyebabkan app jadi crash saat digunakan oleh kita ataupun user lain. Contoh : dari report yang dihasilkan Crashlytic ditemukan bahwa baris kode yang menyebabkan error adalah baris ke 120 Fragment A. maka kita cukup buka fragment A dan ketik CTRL + G lalu isi dengan 120 dan tekan ENTER. Secara otomatis kita akan diarahkan ke baris ke 120 di Fragment A.

Baris kode yang menyebabkan crash pastinya juga lebih mudah ditemukan di window logcat saat kita menguji aplikasi kita.

Ctrl + Shift + [NUMBER]

Shortcut ini adalah shortcut untuk bookmark suatu baris. Saya (penulis) biasanya menggunakan ini untuk menandai baris kode yang dicurigai berkaitan dengan bug. Setelah ditandai maka kita dapat dengan mudah kembali ke baris yang mencurigakan tadi.



Contoh: 
Kita buat bookmark untuk setupLongRuningTask() . untuk memberikannya bookmark dengan angka 1 maka kita gunakan shortcut : Ctrl + Shift + numpad 1



Nah, setelah kita buat bookmark maka kita bisa arahkan cursor kita tepat di baris yang kita bookmark tadi  cukup dengan menekan Ctrl + 1


ALT + F7

Shortcut ini digunakan untuk melacak penggunaan dari suatu variable atau suatu fungsi. Sangat bermanfaat jika kita melakukan perbaikan pada komponen yang digunakan dibanyak tempat dalam project kita.


CTRL + F

Seperti shortcut pada software pada umumnya Ctrl + F berfungsi untuk pencarian dengan keyword tertentu. Cukup berguna untuk tracking Tapi kekurangannya shortcut ini hanya bisa melakukan pencarian dalam 1 file saja. 

Demikian 6 shortcut yang bisa jadi andalan untuk bug tracking, jika teman-teman ada kritik atau saran bisa tambahkan di komentar...

Ringkasan 

 
ALT + 6 => Buka tab Logcat

CTRL + G => menavigasi ke baris kode ke X

Ctrl + Shift + [NUMBER] => bookmark

ALT + F7 => melacak variable usage

CTRL F => mencari code dengan kata kunci /keyword


Credit:
Icons made by freepik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar