Selasa, 25 September 2018

Penggunaan Stetho untuk berinteraksi dengan database SQLite pada aplikasi Android


Pertama kali berinteraksi dnegan SQlite jujur saja saya merasa bosan, merasa ribet untuk mengaturnya. Setelah ada Room saya kembali tertarik menggunakan SQLite karena bagaimanapun kita perlu menyajikan beberapa data dalam aplikasi yang kita buat meskipun dalam keadaan offline.

Sekadar referensi bisa baca tulisan dari Mindrok berikut:
https://medium.com/mindorks/sqlite-made-easy-room-persistence-library-ecd1a5bb0a2c

Pada tulisan ini akan saya coba paparkan pengalaman saya berinteraksi dengan SQLite dengan bantuan Stetho sebagai fasilitatornya.

Untuk menggunakan stetho cukup tambahkan dependency melalui gradle :

implementation 'com.facebook.stetho:stetho:1.5.0'

kemudian saya inisialisasi di kelas QibeeApp


Input data SQlite dan lain-lain tidak saya bahas di sini. Tulisan ini saya fokuskan untuk membahas stetho.

Setelah diinisialisasi kita sudah bisa membaca isi database SQLite

Tapi ketika memerlukan operasi UPDATE, DELETE dan lain-lain saya waktu itu menerima pesan ini :
"Not supported without stetho-js-rhino dependency"

jadi saya pun menambahkan lagi dependency

implementation 'com.facebook.stetho:stetho-js-rhino:1.5.0'




setelah dilakukan Sync dan run project saya coba lagi lakukan operasi SELECT dan ternyata masih gagal.  Usut punya usut ternyata salah tempat. astaga... 

Seharusnya saya ketikkan query di tab resource, bukan di tab console

Jadi ingat baik-baik Jangan salah tempat saat menulis query.

Ngetik query di sini sudah support auto-complete. nikmat sekali rasanya.

Selamat mencoba... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar