Sabtu, 09 November 2019

Tips konsultasi gratis di forum online



Sumber pengetahuan saat ini begitu melimpah. Banyak sekali tutorial yang dibagikan kepada netizen . Mulai dari tutorial hijab, tutorial memasak, menyetir sampai dengan tutorial pemrograman.

Selain tutorial, forum online tempat diskusi tentang programming juga sangat banyak. Akan tetapi jika kita secara asal-asalan bertanya di forum online tersebut maka seringkali kita tidak mendapat respon yang kita harapkan. Respon dari member forum tersebut bisa hanya sekadar mendiamkan, tidak menjawab pertanyaan dari kita. Respon yang lain kadang malah pertanyaan kita dijadikan bahan tertawaan. Respon yang lumayan adalah kita diberi saran untuk memperbaiki pertanyaan.

Nah, untuk menghindari respon yang tidak diharapkan dari forum online  ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bertanya. Saya coba detailkan satu-persatu:

1. Permudah mastah memahami masalah kita.


Member forum yang paling berpeluang menjawab pertanyaan dari kita adalah orang yang punya banyak pengalaman di bidangnya, biasanya kita panggil dengan panggilan mastah atau suhu (tapi hati-hati juga karena ada beberapa forum yang punya aturan untuk tidak menggunakan kata mastah dan sebangsanya). Mastah ini kebanyakan orangnya sibuk jadi jangan sampai dia berlama-lama untuk sekadar memahami pertanyaan kita. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Sebelum mengirim pertanyaan ke forum cobalah untuk mereviewnya terlebih dulu.




2. Gunakan screenshot dan hindari upload foto hasil jepretan kamera

Please.. jangan sekali-kali upload foto layar monitor saat bertanya di forum atau grup. Mastah yang mau bantu udah males duluan karena biasanya hasilnya blur dan kurang jelas.

Untuk pengguna windows bisa gunakan lightshoot untuk melakukan screenshot. Download melalui link ini : https://app.prntscr.com/en/download.html


untuk pengguna linux bisa gunakan flameshoot .Info lebih lengkap bisa buka https://flameshot.js.org/#/
Berikut adalah contoh penggunaannya:

ug


flameshoot juga tersedia di Ubuntu software sehingga penguna ubuntu bisa dengan mudah menginstallnya.
Manfaatkan fitur yang ada untuk memperjelas pertanyaan atau menyembunyikan beberapa bagian yang privat.

2. Ucapkan terimakasih pada siapapun yang mencoba membantu

Memang kadang ada member grup yang berusaha menjawab tapi belum sesuai harapan, atau pengetahuannya masih kurang untuk menjawab pertanyaan kita. Tapi tetaplah sampaikan terimakasih ke mereka ya. Setidaknya mereka sudah bantu agar pertanyaan kita gak terkubur atau tenggelam oleh chat yang lain.

Masih ada beberapa tips lagi yang akan saya tulis. So, biar gak ketinggalan silakan untuk subscribe atau like fanpage QIBEE

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar